H. Mohammad Dollie, Sosok Orang Pertama Pendiri Masjid di London

Eramuslim – Membaca biografi Abdullah Quilliam I kita akan menemukan masjid yang dikenal sebagai Regent’s Park Mosque yang dibuka pada 1895. Lalu siapakah founder masjid tersebut?

Haji Mohammad Dollie adalah orang yang berjasa membuka masjid pertama di London, dan berikut adalah biografi singkat beliau berdasarkan penulusuran sejarah oleh Abdul Maalik-seorang penjahit mualaf yang merupakan founder www.muslimhistorytours.com yang dipublikasikan oleh ilmfeed.com.

Haji Mohammad Dollie tiba di London pada sekitar tahun 1895 dan tinggal di Albert Street, bersama dengan dua putranya, karena pada saat itu sulit bagi mereka untuk study di Afrika Selatan.

Menjadi seorang Muslim, Haji Mohammad Dollie saat itu diminta oleh komunitas Muslim London yang mungkin berjumlah 200-300 orang untuk mengajari mereka Al-Qur’an karena ia adalah seorang Hafizh. Ia setuju, dan sejak saat itu ia memutuskan untuk mengubah ruang lukisnya menjadi sebuah masjid.

Dari rumah-masjid itu, Ia bersama para jamaah Muslim melakukan shalat lima waktu, shalat Id, yang menarik perhatian para tetangga mereka.