Infografik Kekuatan Udara Rusia Di suriah

kekuatan udara SuriahEramuslim ā€“ Senin malam 14 Maret 2016, secara mengejutkan Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan penarikan mundur sebagian besar kekuatan militernya di Suriah, seraya menerangkan bahwa langkah ini diambil untuk mendukung pembicaraan perundingan damai Jenewa III di Swiss.

Tidak ada yang tahu pasti alasan sebenarnya dibalik keputusan tersebut, hingga kini banyak para pakar politik dan ahli militer dunia menebak-nebak apa pertimbangan sebenarnya dari keputusan Presiden Putin.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah berapa banyak kekuatan udara militer Rusia yang digunakan untuk mendukung rezim Syiah Bashar Al Assad sejak akhir bulan September tahun 2015 kemarin? Berikut ulasannya untuk anda:

12 Pesawat Sukhoi tipe Su-24

Dikembangkan antara era tahun 1960 an hingga tahun 1970 an, Su-24 merupakan pesawat supersonic andalan Uni Soviet yang mampu dioperasikan dalam berbagai jenis cuaca.

Memilki 2 mesin dengan kursi ganda, Su24 memiliki sayap geometri variabel yang dirancang untuk melakukan misi serangan ultra-low-level (sangat rendah). Ini merupakan pesawat buatan Soviet pertama yang memiliki sistem navigasi dan serangan digital terintegrasi.

4 Pesawat Sukhoi Su-30

Sukhoi Su-30 merupakan pesawat tempur multifungsi yang dikembangkan Rusia pada tahun 1996 dari model sebelumnya Su-27. Dikenal sangat efektif dalam serangan darat, Su-30 merupakan pesawat penyeimbang F/A-18E/F Super Hornet buatan Boeing dan F-15E Strike Eagle buatan Amerika Serikat.

6 Pesawat Sukhoi Su-34

Sukhoi Su-34 merupakan pesawat tempur serang berkursi ganda mutakhir buatan Rusia, yang dikembangkan dari Su-27. Pesawat ini direncanakan untuk menggantikan Su-24 ‘Fencer’.

Su-34 yang dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi di pertengahan 1980-an adalah pesawat tempur pembom yang utamanya didesain untuk menghancurkan berbagai target darat dan laut. Mampu beroperasi secara tunggal maupun dalam kelompok di siang dan malam hari pada saat cuaca/lingkungan yang tidak bersahabat.

Tercatat hingga Agustus 2015 telah 76 unit Su-34 yang diproduksi oleh Rusia dan saat ini hanya Angkatan Udara Rusia yang menggunakannya.

2 Pesawat Mig

Tidak diketahui dari jenis varian apa pesawat MiG yang digunakan Rusia dalam membantu rezim Syiah Bashar Al Assad sejak 5,5 bulan terakhir.

Akan tetapi generasi terbaru MiG 35 dikabarakan memiliki teknologi serupa yang digunakan Sukhoi, akan tetapi dengan desain yang sederhana sehingga lebih mudah dikendalikan di segala kondisi cuaca.

Pesawat Pengisi Bahan Bakar di Udara

Dan yang terakhir adalah 20 helikoter serbu berbagai varian. (Skynewsarabia/Ram)