Ini Alasan Kenapa Angkatan Muda Saudi Enggan Dukung Kemerdekaan Palestina

Kaum muda Saudi melihat orang Palestina sendiri secara umum tidak tertarik untuk menjadi pendukung Saudi atau UEA. Apalagi ada kubu Iran yang mendukung perjuangan Palestina melawan Israel dan menjadi seteru Saudi di Timur Tengah.

Angkatan muda di negara Teluk melihat sendiri bagaimana orang Palestina menentang mereka di media sosial, termasuk membakar foto MBS dalam unjuk rasa di Gaza. Sewaktu gelaran Piala Dunia, banyak orang Palestina mendukung Iran ketika berhadapan dengan tim negara Barat dan sebaliknya mereka mendukung Barat ketika melawan tim Saudi.

MBS dan MBZ meyakini negara Palestina merdeka artinya sama saja dengan menyerahkan pengaruh di Timteng ke tangan Iran.

MBS dan MBZ tentunya tidak sebodoh itu untuk mendanai dan mendukung negara Palestina merdeka yang nantinya akan menjadi anak buah Iran.

Namun sebagian kalangan di Barat masih memandang Negara Teluk seharusnya memberi bantuan dana untuk terbentuknya negara Palestina merdeka seperti yang tertuang dalam rencana damai yang dibuat Trump. Tentunya hal ini tidak akan terjadi. Saudi dan UEA tidak akan membiarkan Palestina menjadi alat yang akan menguntungkan Iran. (mdk)