Jaya Suprana Khawatir Heboh Keraton Cuma Pengalihan Fokus

Eramuslim.com – Heboh munculnya keraton atau kerajaan belakangan ini, jangan sampai mengalihkan fokus pada isu penting di Indonesia.

Kekhawatiran tersebut diungkapkan budayawan, Jaya Suprana dalam talkshow Soal Kerajaan Abal-Abal di TV One, Jumat (17/1).

“Saya khawatirkan, jangan sampai peristiwa keraton mengalihkan fokus bangsa Indonesia kepada hal yang lebih siginifikan kepada bangsa ini,” ujar Jaya.

Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kemunculan kerajaan atau keraton yang mengklaim pewaris kekuasaan dunia.

Salah satunya, Keraton Agung Sejagat yang mengklaim sebagai penerus dari Kerajaan Majapahit. Belakangan, raja keraton itu ditangkap polisi karena diduga melakukan penipuan pada pengikutnya.

Bagi Jaya, banyak isu yang lebih penting diperhatikan jalan dan solusinya. Salah satunya, adalah kasus korupsi yang semakin ‘wah’ kerugian negara yang harus ditanggung.

“Belakangan ini ada kasus korupsi, saya tidak menyebutkan nama atau apapun, yang jumlahnya bukan lagi miliar, triliun bahkan puluhan triliun,” jelasnya.

Sehingga, dia mengajak masyarakat untuk menyimak kemunculan keraton itu sebagai hiburan sembari melihat kondisi bangsa ke depan.

“Anggap saja ini hiburan, supaya tidak terkena tipu daya gunakanlah akal sehat,” pungkasnya.(kl/rmol)