Kekayaan Alam, Alasan RRC Klaim Sepihak Natuna

natunaEramuslim.com – Alasan China mengklaim wilayah Indonesia di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sebagai wilayahnya diduga karena Natuna kaya akan minyak dan gas bumi. Karena China juga melakukan klaim yang sama terhadap kepulauan Sparatly yang menjadi sumber konflik sejumlah negara di Asia Tenggara.

Diketahui, Kepulauan Natuna yang terdiri dari tujuh pulau pada 1597, menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Pattani, Thailand, dan Kerajaan Johor, Malaysia. Namun pada abad ke-19 berhasil direbut Kesultanan Riau. Perebutan ini karena wilayah Natuna sangat strategis dalam jalur pelayaran internasional.

Lalu sejak zaman kolonial, Kepulauan Natuna dikuasai Belanda. Indonesia kemudian mendaftarkan Natuna ke PBB sebagai wilayahnya pada 18 Mei 1956. Malaysia awalnya protes berat dan mengklaim Natuna sebagai wilayahnya. Namun Soekarno sangat tegas, dan menggelorakan aksi Dwikora pada 1962-1966, nyali Malaysia menciut dan langsung membatalkan menggugat status kepemilikan Natuna.

Untuk menguatkan atas kepemilikan Kepulauan Natuna, Indonesia kemudian membangun beragam infrastruktur di kepulauan seluas 3.420 kilometer persegi ini. Etnis Melayu jadi penduduk mayoritas, mencapai 85 persen, disusul Jawa 6,34 persen, lalu Tionghoa 2,52 persen.(ts)