free hit counters
 

Ketika Bos Zoom Curhat Capek Meeting Zoom dan Minta Pegawai Balik ke Kantor

Redaksi – Jumat, 7 Mei 2021 08:30 WIB

Eramuslim.com – Kalau kamu pernah merasa capek meeting atau rapat online lewat Zoom, kamu enggak sendirian. Ternyata, pendiri Zoom juga pernah merasa capek karena meeting melulu di platform yang dia buat atau populer dengan istilah ‘Zoom fatigue’.

Dalam sebuah acara Wall Street Journal CEO Council Summit yang dihelat Selasa (4/5), CEO Zoom Eric Yuan ditanya oleh deputi editor Wall Street Journal, apakah dia pernah mengalami Zoom fatigue? Yuan pun menjawab bahwa ia pernah kelelahan pada satu hari di mana dia meeting sampai 19 kali.

“Ya,” aku Yuan. “Saya dapat memberi tahu Anda pada April (tahun) lalu, pada hari tertentu, saya memiliki total 19 pertemuan Zoom. Saya sangat lelah dengan itu, jadi saya benar-benar memiliki kelelahan rapat.”

Yuan pun mengaku bahwa dia tak pernah lagi mau menjalani meeting terus-terusan. “Saya merasa saya jauh lebih nyaman,” kata dia.

Zoom fatigue sendiri merupakan istilah baru yang merujuk kepada kondisi lelah karena melakukan rapat online di Zoom terus-terusan setiap hari.

Menurut Jeremy Bailenson, profesor komunikasi dari Stanford University sekaligus direktur pendiri Virtual Human Interaction Lab (VHIL), kelelahan saat meeting di Zoom disebabkan oleh kontak mata yang terlalu intens dengan orang lain, perasaan tidak nyaman melihat diri sendiri lama-lama, kurangnya gerak saat meeting online, hingga kerja kognitif yang lebih tinggi saat ngobrol lewat fitur chatting.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru