Kronologi Letusan Gunung Hunga Tonga yang Memicu Terjadinya Tsunami, Langit Gelap saat Sore Hari

Berdampak ke Jepang

Letusan Gunung Hunga Tonga juga berdampak di seluruh Pasifik, karena peringatan dan peringatan tsunami dikeluarkan dari beberapa bagian Selandia Baru dan Jepang ke Amerika Serikat dan British Columbia Kanada.

Menurut National Weather Service, peringatan tsunami berarti mereka yang berada di dekatnya harus segera masuk ke daratan atau mencari tempat yang lebih tinggi, serta harus menjauh dari pantai dan keluar dari air.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir negara itu Minggu pagi, dengan prefektur timur laut Iwate melihat gelombang setinggi 2,7 meter.

Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022).
Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022). ((TWITTER @sakakimoana))

Beberapa tsunami yang lebih kecil dilaporkan di banyak lokasi lain, menurut penyiar publik NHK.

Pada Minggu sore, semua peringatan tsunami telah dicabut, kata badan meteorologi.

Pejabat badan cuaca mengesampingkan kemungkinan tsunami lebih lanjut di seluruh negeri, tetapi mengatakan mungkin ada beberapa fluktuasi pasang surut.

Penjaga pantai Jepang sedang melakukan pemantauan untuk menilai kerusakan, tetapi sejauh ini tidak ada kerusakan yang dilaporkan.

Pejabat terus meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menjauhi pantai.

Rekaman yang dibagikan di NHK dari seorang penonton di kota Setouchi, di Pulau Amami Oshima, menunjukkan lalu lintas bemper-ke-bumper saat mobil dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Rekaman lain menunjukkan orang-orang tidur di lantai di pusat-pusat evakuasi di Iwate.