Ngeri… Ada Larva Cacing Pita di Otak Pria Ini gegara Makan Daging Babi

Geger Larva Cacing Pita Bersarang di Otak Seorang Pria karena Makan Daging Babi yang Kurang Matang

eramuslim.com – Seorang pria di Amerika Serikat yang sering mengeluhkan migrain dan mengejutkannya, ditemukan larva cacing pita di otaknya setelah melakukan pemeriksaan, diduga hal ini besar terkait dengan makan daging yang kurang matang.

Dilansir dari BBC, Jumat, 15 Maret 2024, pria berusia 52 tahun ini mengunjungi dokternya setelah migrain yang biasa dialaminya menjadi semakin parah dan pil yang biasa diminumnya tidak lagi bekerja.

Hasil pemindaian menemukan kista larva cacing pita di otaknya – yang menyebabkan sistiserkosis. Dokter menghubungkan kondisi tersebut dengan “cara mencuci tangan yang tidak benar”.

Mereka percaya bahwa pria tersebut, yang terkena cacing pita karena makan daging babi yang kurang matang, menginfeksi dirinya sendiri.

Sistiserkosis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh larva parasit Taenia solium (T. solium), juga dikenal sebagai cacing pita babi, yang dapat menyebabkan kista (sistiserkus) berkembang di otak.

Seseorang yang mengidap cacing pita dapat menginfeksi diri mereka sendiri dengan telur cacing pita – sebuah proses yang dikenal sebagai autoinfeksi – yang dapat keluar dari tubuh sebagai limbah dan menginfeksi orang lain di rumah yang sama.

Makan daging babi yang kurang matang tidak dapat secara langsung membuat seseorang terkena sistiserkosis.

Mencatat kasus ini dalam American Journal of Case Reports, para dokter menulis bahwa “hanya bisa berspekulasi” sistiserkosis pria tersebut ditularkan melalui autoinfeksi setelah “mencuci tangan yang tidak benar”.

Mengingat “kegemarannya makan daging babi yang kurang matang”, para dokter menduga bahwa ia tertular cacing pita dari “kebiasaan makannya”. Pasien merespons obat anti-parasit dan anti-inflamasi dan sejak saat itu sembuh total.

Cacing Pitang karena Kebiasaan Mencuci Tangan yang Buruk

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), larva cacing pita “masuk ke dalam jaringan seperti otot dan otak, dan membentuk kista. Ketika kista ditemukan di otak, kondisi ini disebut neurocysticercosis”.

“Orang terkena sistiserkosis ketika mereka menelan telur T.solium yang dikeluarkan melalui kotoran manusia yang mengandung cacing pita,” kata CDC.

Telur cacing pita disebarkan “melalui makanan, air, atau permukaan yang terkontaminasi tinja”.

“Manusia menelan telur-telur tersebut ketika mereka makan makanan yang terkontaminasi atau memasukkan jari-jari yang terkontaminasi ke dalam mulut mereka”.

“Seseorang dengan cacing pita dapat menginfeksi dirinya sendiri [autoinfeksi]” dan anggota keluarga lainnya,” tambahnya.

Para ahli mengatakan bahwa makan daging babi yang kurang matang tidak dapat menyebabkan sistiserkosis – kondisi ini juga tidak umum terjadi di Amerika Serikat atau Inggris, di mana daging babi telah melalui pengujian yang ketat.

Tingkat tertinggi dari kondisi ini ditemukan di beberapa bagian Amerika Latin, Asia dan Afrika, dan paling sering terjadi di daerah pedesaan di mana babi – pembawa cacing pita babi – dibiarkan berkeliaran dengan bebas, dan praktik kebersihan serta keamanan makanan yang buruk.

Orang-orang paling berisiko terkena infeksi tersebut melalui kebiasaan mencuci tangan yang buruk atau dengan menelan makanan atau air yang terkontaminasi.

Para penulis laporan menyimpulkan: “Sangat jarang pasien tertular neurosistiserkosis di luar paparan klasik atau perjalanan, dan kasus seperti itu di Amerika Serikat dianggap tidak ada.”

Mereka mengatakan bahwa kasus ini menyoroti risiko “konsumsi daging babi yang kurang matang” dan autoinfeksi berikutnya.

“Secara historis sangat tidak biasa menemukan daging babi yang terinfeksi di Amerika Serikat, dan kasus kami mungkin memiliki implikasi kesehatan masyarakat,” laporan tersebut menyimpulkan.

(Sumber: Viva)

Beri Komentar