Lawan Islamophobia, Muslim Jerman Gelar Open Mosque Day

masjid-di-jermanEramuslim – Senin 3 Oktober 2016, masjid-masjid di Jerman kembali membuka pintunya untuk non-Muslim dalam rangka acara peringatan ke 26 Hari Persatuan Jerman, termasuk diantaranya kunjungan Menteri Departemen Tenaga Kerja, Integrasi dan Sosial negara bagian Nordrhein-Westfalen.

“Di tahun 2016 ini ada 60-70 Masjid yang mengikuti acara Open Mosque Day yang telah diselenggarakan sejak tahun 1997,” ungkap The Central Council of Muslim Jerman dalam keterangan persnya di ibukota Berlin.

Di negara bagian Nordrhein-Westfalen yang menjadi tempat tinggal bagi 1,5 juta umat Islam Jerman, Menteri Tenaga Kerja, Integrasi dan Sosial Rainer Schmeltzer ikut serta dalam acara tahunan Open Mosque Day.

Dalam sambutannya, Menteri Rainer Schmeltzer menyebut umat Islam adalah bagian tidak terpisahkan dari warga Jerman, “Dan barang siapa yang mengingkarinya dan menyangkalnya maka dia buta,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa sejak 10 tahun lalu pemerintah Berlin telah menyelenggarakan acara Konferensi tahunan Jerman tentang Islam, sebagai wadah dialog antara pemerintah Jerman dengan komunitas Muslim.

Diperkirakan ada sekitar 4 juta warga Jerman yang memeluk agama Islam, sebagian besar diantaranya adalah warga keturunan Turki yang telah tinggal di negara ini sejak tahun 1970 lalu. (Almasryalyoum/Ram)