Mulai 2018, Muslimah Saudi Boleh Nonton Bola di Stadion

Eramuslim – Arus perubahan di Arab Saudi ternyata lebih cepat dari perkiraan banyak orang. Setelah diperbolehkan menyetir mobil sendiri, mulai tahun depan Kaum Hawa di wilayah Kerajaan dibolehkan menonton pertandingan sepak bola di stadion.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh sejumlah pejabat Saudi. “Kebijakan ini dimaksudkan agar wanita Saudi memiliki lebih banyak kebebasan yang sebelumnya tidak mereka dapatkan karena adanya pemisahan gender yang ketat,” jelas para pejabat seperti dilansir laman BBC, Senin (30/10).

Menurut para pejabat ini, pangeran Muhammad bin Salman kini sedang melakukan upaya besar untuk memodernisasi masyarakat Saudi, selain upaya untuk meningkatkan perekonomian.

Apa yang disebut reformasi ini sudah direncanakan Pangeran Muhammad. Putera Mahkota Saudi berusia 32 tahun itu bertekad untuk menjadikan ekonomi Saudi tidak melulu bergantung pada minyak. Reformasi gencar itu disebut sebagai Visi 2030.

Otoritas olahraga Arab Saudi pun sudah melakukan pembenahan tentang kebijakan bolehnya wanita nonton sepak bola. Ada tiga stadion yang telah disiapkan, yaitu di Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

Di tiga wilayah itu, stadion sepak bola mulai dilengkapi fasilitas pendukung. Antara lain, layar monitor raksasa, restoran, kafe, dan lain-lain.

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas bagaimana tanggapan atau fatwa para ulama di sana terhadap kebijakan baru ini.

Apakah menuju kebaikan? Atau malah makin menuju keburukan? Wallahu A’lam Bishawwab. (CM/Ram)