Teheran Berkilah Kehadiran Kapalnya Untuk Amankan Perairan Internasional

MayjenXHabibollahXSayyariEramuslim.com – Komandan Angkatan Laut Iran, Mayjen Habibollah Sayyari, menyatakan bahwa kehadiran Iran di perairan internasional, Teluk Aden dan Selat Bab al-Mandab dalam rangka mengamankan daerah tersebut dari perompakan.

Dalam pernyataan Mayjen Habibollah Sayyari di acara upacara wisuda angkatan laut Iran pada hari Senin (11/05) kemarin mengatakan, “Dengan ini kami menyampaikan pesan perdamaian dan cinta kasih kepada dunia, serta menjaga kepentingan Iran di wilayah.”

“Banyak negara-negara asing kini mengamankan perairan Selat Bab al-Mandab yang menjadi salah satu jalur perairan penting dunia dengan memiliki misi tertentu. Akan tetapi kehadiran angkatan laut Iran di wilayah ini adalah murni untuk keamanan jalur perdagangan dunia,” ujar Mayjen Habibollah dalam pidatonya.

Tercatat sejak serangan udara koalisi regional Arab dilancarkan pada 26 Maret lalu Iran telah 2 kali mengirimkan armada lautnya ke wilayah perarian Yaman.

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) yakin bahwa kapal-kapal perang Iran yang berada di dekat perairan Yaman membawa bantuan persenjataan bagi pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya. (Akhbarak/Ram)