Ada Calon Kapolri yang Menguat, Komjen Sigit Masih Bisa Batal

Dua nama itu yakni Wakapolri Komjen Gatot Eddy dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto.

Gatot Eddy, Akpol 88 ini, sejak lama memang disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat. Apalagi dia pernah menjadi Kapolda Metro Jaya.

Sedang Agus Andrianto juga tak bisa dipandang sebelah mata. Agus pernah menjadi Kapolda Sumut. Rekam jejak Agus, Akpol 89 ini, juga menjadi pertimbangan Jokowi.

Jadi semua kemungkinan masih terbuka lebar. Tinggal menunggu saja keputusan Jokowi, siapa yang akan dipilihnya untuk menjadi orang nomor satu di korps Bhayangkara.

Ketua Komisi III DPR Bicara Calon Kapolri 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengungkapkan pihaknya sudah menyelesaikan rapat internal di Komisi III DPR membahas agenda penting, termasuk fit and proper test calon Kapolri.

“Rapat internal kami tidak hanya membicarakan soal Kapolri, tapi kami membicarakan soal jadwal persidangan di sidang ini karena relatif pendek. Karena masa sidang relatif pendek, tentu kami harus padatkan semua acara. Termasuk fit and proper test,” kata Herman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Herman melanjutkan, Komisi III berharap agar surpres terkait calon Kapolri bisa sampai ke Senayan dalam minggu ini. Sehingga, minggu depan sudah digelar fit and proper test.

“Kami berharap kalau bisa dalam minggu ini surat masuk, kemudian dibawa ke Bamus, aturan sudah tidak perlu ke paripurna lagi. Segera dari bamus ada penugasan kepada komisi III, kalau bisa hari Kamis kami sudah bisa mengundang RDPU dengan Kompolnas dan PPATK. Itu jadwal kami tadi hasil rapat internal,” beber Herman.  (*)