Ada Tangan Mahasiswa Indonesia Dalam Pembuatan Vaksin Covid-19 Milik Oxford

Eramuslim – Mahasiswa S3 jurusan Clinical Medicine asal Indonesia di Universitas Oxford, Indra Rudiansyah turut terlibat dalam pengembangan vaksin virus corona Covid-19. Kisah keterlibatan mahasiswa asal Indonesia ini sebelumnya viral di Twitter.

Akun @wpusparini memberikan informasi bahwa Indra turut serta dalam pengembangan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford. Dalam produksi vaksin, Oxford bekerja sama dengan AstraZeneca.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Juni lalu mengatakan vaksin buatan AstraZeneca adalah kandidat vaksin terdepan dan paling maju dalam hal pengembangan.

Dalam wawancara bersama CNNIndonesia TV, Indra bercerita mengenai keterlibatannya dalam pengembangan vaksin di Universitas Oxford. Ia mengatakan sebelum menjadi pandemi, dirinya tak terlibat dalam pengembangan vaksin meski Oxford telah mulai melakukan pengembangan.

“Awal Covid-19 muncul di awal Januari lalu, kolega saya sudah memulai proyek ini tapi ini khusus untuk tim emerging patogen disesase, kalau saya di tim Malaria, bukan tim khusus di Covid,” kata Indra dalam wawancara bersama CNNIndonesia TV, rabu (22/7).