Anies: Penegakan Aturan juga untuk “Yang Kuat” dan “Yang Besar”

Anies meminta agar semua manajemen gedung-gedung memperbaiki tata kelola pemanfaatan air tanah dan instalasi pengelolaan air limbahnya. “Karena itu kita tidak akan menoleransi lagi. Tim ini akan bekerja melakukan razia, melakukan pengawasan dan kita meminta pada seluruh pemilik dan pengelola gedung untuk taat dan kooperatif,” ujar dia.

Anies menyatakan, akan merazia gedung-gedung tinggi di Ibu Kota terkait penggunaan air tanah dan pengelolaan air limbahnya. Razia akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Akan ada 80 gedung yang diperiksa mulai Senin (12/3) hingga tanggal 21 Maret mendatang.

Di hari pertama razia, Anies memimpin razia Hotel Sari Pan Pacific di Jalan MH Thamrin. Dalam razia penegakan aturan terkait penggunaan air tanah dan pengolahan air limbah tersebut Anies menyebut banyak yang dilanggar pihak manajemen hotel.

Dia dan beberapa petugas dari tim yang dibentuknya melihat instalasi pengolahan air limbah (IPAL) hotel di belakang. Ia menemukan adanya air limbah yang meluber. Anies juga menilai ada kesalahan fatal dalam pemakaian air tanah dan pengolahan air limbah di Hotel Sari Pan Pacific.(jk/rol)