Foto Rumah Bagus Dicap Keluarga Miskin di Brebes Viral, Pemilik Mundur dari PKH

Eramuslim.com – Foto-foto rumah di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, yang cukup bagus tapi dicap pilox ‘Keluarga Miskin’ Penerima Manfaat PKH, sempat viral di media sosial. Kini, sejumlah pemilik rumah itu akhirnya mengundurkan diri dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Informasi yang diterima PanturaPost, foto tersebut diketahui berlokasi di Desa Ciputih dan Desa Bentar Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

“Beberapa rumah KPM PKH sudah bagus tapi yang yang bersangkutan tidak mau mundur sebagai KPM PKH. Namun saat ini empat KPM sudah mengundurkan diri dengan membuat surat pernyataan ditandatangani yang bersangkutan,” tutur Koordinator PKH Kabupaten Brebes, Fatah El Zaman, Minggu (3/5/2020).

“Empat KPM PKH itu berasal dari Desa Ciputih dan Desa Bentar Kecamatan Salem Brebes,” tambahnya.

Sebelumnya, lanjut Fatah El Zaman, Pendamping PKH sudah menyampaikan agar KPM PKH tersebut mundur sebagai penerima PKH. Karena, sudah dianggap mampu secara ekonomi. Bahkan sebelum dilabelisasi/disemprot cat, disampaikan lagi untuk mau mundur sebagai KPM PKH. Namun KPM PKH tersebut tetap tidak mau mundur.

“Akhirnya rumah KPM PKH tersebut pun dilabelisasi,” kata dia.

Labelisasi yang juga disaksikan kepala desa, menurutnya, untuk membuat efek malu pada KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi. Terbukti, banyak KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi, mau mundur karena merasa malu. “Atau mereka KPM PKH yang sudah mampu secara ekonomi harus viral dulu di media sosial baru mau mengundurkan diri. Semua kembali ke mental masyarakat,” tegasnya.