Indonesia Itu Surga Bagi Penjahat Kerah Putih

Eramuslim.com – Tokoh nasional Rizal Ramli menyebut, Indonesia adalah sorga bagi penjahat ekonomi kerah putih. Makanya modus dan pola perampokan uang negara terus berulang. Perampokan di Asuransi Jiwasraya, Asabri, Centurygate dan seterusnya merupakan bukti Indonesia menjadi sorga kejahatan kerah putih tersebut. Harus ada tindakan tegas dari Presiden Jokowi dan penegak hukum terhadap semua pelaku kejahatan kerah putih itu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md akan segera memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, terkait dugaan korupsi yang ia temukan di tubuh PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero). Mahfud menduga korupsi di tubuh perusahaan asuransi pelat merah itu mencapai di atas Rp 10 triliun. Jiwasraya dan Asabri jadi sasaran kejahatan kerah putih itu.

RR, Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid ini, sudah mempertanyakan kinerja lembaga supervisi lembaga keuangan bank dan non-bank, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkais skandal asuransi Jiwasraya dan asuransi lain, juga reksa dana.

Sebagai salah satu pengusul RUU OJK pada 2002, Rizal Ramli merasa sangat kecewa dengan kinerja lembaga tersebut. :Saat itu, kami minta supaya BI hanya fokus urusan moneter dan kebijakan kredit, tetapi pengawasan lembaga keuangan harus oleh lembaga yang terpisah,” ungkapnya.