Inilah Trik Bagaimana Menjual Sebuah Negara

Eramuslim – Orang baik tidak memerlukan hukum untuk memerintah mereka agar bertindak penuh tanggung jawab, sementara orang jahat akan selalu menemukan celah di sekitar hukum (Plato). Ada pasal fundamental dalam Undang-Undang Dasar di negeri ini bahwa sumber daya alam adalah milik rakyat dan dikuasai negara untuk dikelola demi kesejahteraan rakyat.

Dalam perspektif Islam, sumber daya alam seperti air, hutan, minyak, dan gas adalah milik rakyat atau umat yang tidak boleh dijual atau diprivatisasi menjadi milik individu.

Privatisasi sumber daya alam sebagai konsekuensi implementasi sistem ekonomi kapitalisme sejatinya melanggar undang-undang. Sebab, sistem kapitalisme merujuk kepada sistem sosial-ekonomi yang individualistik dan liberalistik.

Sistem ini menempatkan kepentingan individu di atas segalanya. Karena itu, kapitalisme sering juga disebut dengan istilah free enterprise atau private enterprise.

Hak milik privat atas alat-alat produksi dan konsumsi (tanah, pabrik, jalan, dll) dengan tujuan menumpuk kekayaan individual adalah karakter utama kapitalisme menurut Milton H Spencer. Konsep ini timbul dari pemikiran filsafat John Locke.