I’tikad Baik Habib Rizieq Dibalas Air Tuba

Eramuslim – CUKUP mengejutkan melihat publikasi foto Persaudaraan Alumni (PA) 212 bersama Presiden Jokowi. Meski foto itu terlambat dipublikasi, tapi langsung mengundang reaksi publik, khususnya kalangan yang selama ini berharap FPI bisa menjadi garda terdepan lakukan perubahan untuk negeri ini yang sudah terlanjur carut-marut dan nyaris bubar.

Berdasarkan klarifikasi yang disampaikan Rabu 25 April 2019, pertemuan antara PA 212 yang digelar Minggu lalu semestinya rahasia dan tidak boleh dipublikasi. Tapi dua hari kemudian muncul sebuah foto pertemuan tertutup antara PA 212 dan Presiden Jokowi sebagaimana dipublikasi media nasional. Dalam foto itu tampak Jokowi berdiri diapit pengurus Persaudaraan Alumni 212 yang di antaranya  adalah Ustadz Al-Khaththath, Ustadz KH Sobri Lubis, Ustadz Usamah Hisyam, Ustadz Slamet Maarif, dan Ustadz Yusuf Marta. Dalam foto itu, para pengurus Persaudaraan Alumni 212 itu terlihat berbincang dengan Jokowi.

Sejauh informasi dari orang dekat dengan Habib Rizieq Shahab, Istana Kepresidenan memang berulangkali memohon pertemuan dengan Habib Rizieq Shahab dan ulama perwakilan FPI. Tak dipungkiri pula, HRS sejak 411 berharap adanya rekonsiliasi. Mungkin saat itu Istana Kepresidenan masih menimbang. Bahkan saat itu Wiranto selaku Menkumham sempat menengahi masalah supaya tidak semakin  runyam dan mengupayakan rekonsiliasi yang dihadiri langsung HRS.  Sudah menjadi karakter HRS selalu membuka peluang kepada siapa saja untuk rekonsiliasi. Apalagi pihak yang memohon adalah seorang presiden.