Jangankan Rakyat, Anggota DPR Saja Takut Ketemu Luhut

Menko Marivest Luhut Binsar Pandjaitan menampilkan raut wajah yang menakutkan dan tak bersahabat. Dalam banyak kesempatan ia ngomong ceplas-ceplos dengan muka sangar.

Tak heran, jika anggoa DPR pun jadi sungkan untuk berkomunikasi dengan dirinya. Sepertinya sosok seperti ini yang disukai Presiden Jokowi. Buktinya ada 27 jabatan yang diberikan Jokowi kepada Luhut.

Maka, jika ada masyarakat yang meminta Jokowi memecat Luhut, adalah sesuatu yang tidak mungkin. Demikian analisis wartawan senior FNN Hersubeno Arief dalam kanal YouTube Hersubeno Point, Jumat, 10 Juni 2022.

Sebagaimana publik ketahui bahwa Luhut mengemban banyak jabatan dalam pemerintahan Jokowi. Karena banyaknya jabatan yang diemban, beberapa di antaranya dianggap berada di luar kewenangannya.

Banyak yang menjulukinya sebagai Menteri Segala Urusan, bahkan dalam rapat dengan anggota Badan Anggaran DPR, Kamis (09/06) lalu Luhut mengaku bahwa itu bukan kemauannya, melainkan kemauan presiden.

“Saya ingin garis bawahi Pak, jadi jangan saya dipikir ngurusin semua. Tidak Pak, yang ngurusin semua di bidang saya, dan yang diperintahkan Presiden. Saya ulangi diperintahkan Presiden. Saya ini juga bukan muda lagi 75 tahun. Jadi, saya tahu diri Pak. Jadi, kalau saya bisa kerjain, saya kerjain. Tapi kalau Anda lihat fungsi di sini, pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden. Ini bukan saya yang membuat. Ini tahun 2019 yang buat oleh Menko yang dulu (Indroyono). Jadi, ini ada pengawasan pelaksanaan fungsi kementerian dan seterusnya, ada pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Presiden. Jadi, saya melaksanakan perintah presiden saja,” kata Luhut di depan anggota DPR RI.

“Kenapa presiden mau memberikan itu, ya tanya presiden. Nah penugasan dari Presiden kepada Menko Marives itu, seperti dalam slide ini macam-macam, biar beliau suruh saya kerjain. Jadi, saya pikir sampai hari ini tidak ada yang saya tidak deliver apa yang diberikan oleh Presiden. Itu saya pikir saya bisa jamin pada bapak-ibu sekalian, karena kalau saya tidak bisa saya akan bilang kepada presiden, mungkin Pak Presiden berikan pada yang lain. Tapi sampai hari ini apa ini yang diberikan di slide yang Anda Bapak Ibu lihat, semuanya ini dari Elon Musk, itu juga saya lakukan sampai pada minyak goreng. Kemarin dari ngurus Space X sampai tiba-tiba Presiden minta minyak goreng, dan alhamdulillah kalau saya boleh lapor di sini,  saya kemarin pergi ke Semarang, juga lihat di Jawa Barat lihat di Jakarta, angkanya turun. Mulai sekarang bagus dan hari ini dan besok saya kumpulkan seluruh pengusaha-pengusaha besar dan pelaku-pelaku dan asosiasi di Bali. Kita mau bikin Nano Max Matching. Jadi, apa yang dibuat pemerintah, apa yang dibuatkan, apa yang cocok, apa yang tidak cocok, sehingga tidak ada dusta di antara kita karena saya lihat hari itu kerusakan yang selama lima bulan itu inkonsistensi kita. Nah, sekarang tidak mau, saya tidak mau diatur oleh siapapun,” kata Luhut.

Hersu panggilan akrab Hersubeno Arief menilai dengan banyaknya jabatan di tangan Luhut, banyak yang menjulukinya sebagai Perdana Menteri. Ini hanya sekadar olok-olok, tapi ada juga lho yang tidak tahu dan menduga memang itulah jabatan resmi Luhut yakni Perdana Menteri Indonesia.

Ketika dia bertemu dengan Elon Musk di pabrik Tesla Amerika beberapa waktu lalu,  akun resmi dari mobil listrik Tesla menyebut bahwa Elon itu baru saja bertemu dengan Perdana Menteri Indonesia dan yang dimaksud adalah pak Luhut.