Mengenal Ikan Aligator yang Ada di Sungai Jogja: Jangan Dipelihara, Bahaya!

Eramuslim.com – Pemancing di Jogja dikejutkan dengan hasil tangkapannya. Mereka menemukan jenis ikan aligator kala memancing di perairan Jogja. Besar dugaan, ikan aligator ini berasal dari para pemelihara yang tidak kuat memberi pakan sehingga melepaskannya ke alam liar.

Kok bisa, enggak kuat kasih makan ikan aligator? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bahas lebih dalam seluk-beluk ikan invasif ini.

Ikan aligator merupakan hewan yang habitat aslinya di Sungai Amazon, Amerika. Aligator termasuk ikan invasif. Dalam artian, jika dilepasliarkan di alam liar akan membahayakan ekosistem yang ada karena dapat memangsa ikan-ikan lain.

“Pertumbuhan ikan yang relatif cepat dan sifatnya yang karnivora justru membahayakan satwa-satwa endemik terlebih saat ikan semakin besar biasanya pemelihara cenderung lepas tangan dan main lepas liar sembarangan,” kata Nadya Andriani, Koordinator Protection of Forest and Fauna Indonesia Jawa Barat, seperti dikutip di situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mengenal Ikan Aligator yang Ada di Sungai Jogja: Jangan Dipelihara, Bahaya (1)

Ikan aligator di Lapas Sukamiskin. Foto: Dok.Istimewa

Aligator punya tingkat pendewasaan saluran pencernaan sangat cepat sehingga ketika sudah tidak bergantung pada kuning telurnya, dia akan menghabiskan banyak makanan. Inilah yang mungkin membuat para pemelihara aligator kewalahan memberi makanan sehingga dilepaskan di alam liar.

Dugaan ini juga disampaikan oleh Kepala Museum Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan pakar herpetologi, Donan Satria Yudha, kepada Pandangan Jogja, mitra kumparan dalam program 1001 Media. Ia juga menduga, ikan aligator lepas ke sungai ketika si pemilik membersihkan akuariumnya.