Prabowo Yang Semakin Tenggelam

Eramuslim.com -Pandemi Covid-19 akan menjadi isu yang penting dalam pemilihan umum (pemilu) di semua negara, termasuk Indonesia. Namun, nama Prabowo Subianto sendiri mulai tenggelam di tengah krisis yang melanda tanah air.

Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan tampaknya sangat serius dalam bekerja hingga tidak memperhatikan menurunnya dukungan publik terhadap dirinya.

Digadang-gadang akan ikut kembali dalam perhelatan pemilu 2024, Prabowo sendiri terkesan diam dalam memanfaatkan situasi krisis.

Sebaliknya, Prabowo justru dianggap telah menyalahi prinsip-prinsipnya dulu. Tentu selain berkomitmen untuk masuk ke dalam pemerintahan.

Prabowo dulu dikenal dengan sentimen anti-China, namun keadaan saat ini menunjukkan ia tampak nyaman dengan Beijing. Buktinya, China adalah salah satu negara pertama yang dikunjungi oleh Prabowo setelah dilantik pada Oktober 2019.

Dimuat Nikkei Asian Review pada Rabu (30/9), Prabowo juga lah yang mengoordinasikan bantuan alat pelindung diri (APD) dari China ketika awal pandemi. Ia pun memimpin upacara penyambutan bantuan itu ketika tiba di Jakarta pada Maret dan Mei.

Bukti selanjutnya adalah “bungkamnya” Prabowo secara terbuka ketika kapal China berada di perairan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

“Kami memiliki tekad yang sama, Indonesia melihat China sebagai teman dekat, dan kami akan bekerja sama sebaik mungkin untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan,” kata Prabowo pada Mei.