Rizal Ramli: Perhatian Pemerintah Terhadap Pendidikan Rendah

Eramuslim – Tokoh nasional yang juga ekonom senior DR. Rizal Ramli berpidato pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus 2018 yang dihadiri sekitar 700 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, di aula kampus, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/8).

Pengenalan kehidupan kampus diikuti 700 mahasiswa baru. Acara tahunan itu juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Dr. Atang Hermawan, moderator Dr. Horas Djulius, Ketua IKA Unpas Drs. Subur Dwiyono.

Rizal Ramli menyampaikan materi tentang “Profesionalisme, Peluang dan Tantangan dalam Menghadapi Permasalahan Ekonomi Indonesia”. Di awal materinya, RR biasa disapa, mengaku kagum dengan perkembangan kampus Unpas, dibanding ketika dia kuliah di ITB dulu.

“Tahun 1977 Unpas masih sedikit mahasiswanya, sekarang jumlah mahasiswanya mengalahkan ITB dan Unpad, dengan beberapa kampus yang terpisah di beberapa tempat,” kata RR.

Di samping memuji, RR juga menyayangkan perhatian pemerintah terhadap pendidikan walaupun 20 persen anggaran pendidikan yakni sebanyak Rp 440 triliun, tetapi tidak memperlihatkan hasil. Rating perguruan tinggi Indonesia masih di level 62 dari 72 negara, sementara Vietnam yang negara hancur karena perang sudah berada di level 8.