Zeti Akhtar Azis, Ekonom Malaysia Anti-Tesis dari Sri Mulyani

Tapi Zeti memiliki alasan mengapa ia menolak pendekatan model IMF, yang disebutnya sebagai “ortodoks dan konservatif”, dan malah melakukan pendekatan yang bertolak belakang. Jawabannya Zeti sederhana, “untuk mencegah kehancuran (ekonomi)”. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Wharton, Zeti menyimpulkan situasi tersebut, “Mungkin tantangannya adalah ketika menyimpang dari pendekatan kebijakan yang ortodoks dan konvensional dalam mengatur sistem ekonomi dan keuangan, khususnya dalam suatu krisis atau ketika mengambil inisiatif yang melibatkan pemecahan landasan baru.”

Perekonomian Malaysia pun sukses melalui Krisis Keuangan Asia 1997-1998 tanpa tergores sedikit pun. Joseph Stiglitz, peraih penghargaan Nobel Ekonomi, sampai memuji Zeti sebagai “suatu contoh utama dari institusi yang bagus dan seseorang yang dari dirinya seluruh dunia dapat belajar banyak hal”.

Selama menjadi Gubernur Bank Sentral (2000-2015), Zeti memainkan peran utama dalam mempromosikan inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Malaysia. Sehingga pada tahun 2020 yang tinggal dua tahun lagi, Malaysia akan masuk ke kelompok negara berpendapatan tinggi (GDP Percapita di atas USD 10ribu). Pada masanya juga, Malaysia pada tahun 2009 memiliki terobosan sebuah undang-undang baru tentang Bank Sentral (Malaysia’s Central Banking Act), yang memastikan setiap proses pengambilan kebijakan Bank Sentral dapat lebih demokratis, transparan dan jelas sehingga menghindarkan penyalahgunaan wewenang.

Dalam undang-undang ini diatur tujuan Bank Sentral adalah “stabilitas moneter dan stabilitas keuangan yang kondusif untuk pertumbuhan yang berkelanjutan”dari perekonomian Malaysia. Istilah “pertumbuhan yang berkelanjutan” memberikan Bank Sentral keleluasaan melakukan interpretasi stabilitas harga secara lebih luas. Di sini terlihat Zeti berbeda pendekatan dari ekonom konvensional yang hanya melulu menjaga agar inflasi rendah, tanpa mempedulikan dampaknya yang memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Dari pemaparan tentang Zeti Akhtar Aziz, kita dapat menangkap perbedaan yang kontras antara dirinya dengan sesama ekonom perempuan dari Indonesia, Sri Mulyani. Zeti lebih merupakan anti-tesis Sri Mulyani. Bila Zeti menolak pendekatan IMF terhadap perekonomian Malaysia, Sri Mulyani sejak dahulu hingga kini masih bangga sebagai promotor IMF di Indonesia.