Jangan Berikan Anak Gadget Saat Sedang Rewel

Eramuslim –  Jaman sekarang kebanyakan dari orang tua tidak mau ambil pusing kalau anaknya sedang rewel. Mereka cenderung langsung memberikan gadget untuk menaklukkan sang anak. Masalah pun terselesaikan dengan mudah dan cepat. Namun, tahukah anda kalau hal ini tidak baik?

Kondisi ini sebenarnya merupakan kenyataan miris. Sikap orangtua memberikan gadget demi membuat anak lebih terkontrol. Namun mereka belum sadar akan bahaya smartphone yang akan ditimbulkan. Pasalnya hal ini akan berdampak buruk pada perkembangan emosi anak karena justru mereka cenderung kecanduan dengan gadget.

Ikatan Dokter anak Amerika Serikat (American Academy of Pediatrics) sangat menekankan para orangtua untuk tidak menggunakan teknologi sebagai cara untuk menenangkan atau menenteramkan emosi negatif pada anak.

“Dengan langsung ‘memperbaiki’ emosi anak dengan gadget maka ia tidak akan belajar bagaimana mengelolanya,” ungkap Megan Owenz, seorang psikolog anak, dikutip dari Motherly.

Secara khusus mereka menyatakan, “Kekhawatiran bahwa menggunakan media/gadget sebagai strategi untuk menenangkan, dapat menyebabkan masalah dengan pengaturan batas atau ketidakmampuan anak-anak untuk mengembangkan regulasi emosi mereka sendiri” .

” Pada dasarnya, anak-anak membutuhkan pengalaman merasakan emosi-emosi negatif yang ada. Hal itu membantu anak mengembangkan pengendalian diri dan akan sangat dibutuhkan dalam membentuk aspek kecerdasan emosinya,” ujar Owenz.

Bagaimanapun interaksi social dengan lingkungan sekitar adalah penting bagi anak. Hal ini akan sulit terjadi kalau anak sudah kecanduan dengan gadget yang telah diberikan oleh orang tuanya. Maka dari itu, lebih bijaklah untuk memberi gadget kepada anak.

Perlu diingat bahwa Mengontrol emosi merupakan komponen dari kecerdasan emosi yang sangat penting untuk diajarkan sejak dini. Yaitu kemampuan seseorang mengekspresikan emosi dengan baik. Artinya tak menyakiti diri sendiri dan orang lain. (mdk/ram)