Penasehat Keuangan Arafat Sebut Fatah Miliki Uang 39 Juta Dolar di Rekening Rahasia

Penasehat Keuangan Arafat Sebut Fatah Miliki Uang 39 Juta Dolar di Rekening Rahasia

Mantan penasehat keuangan Yasser Arafat, yang baru-baru terbukti bersalah melakukan penggelapan dan dijatuhi hukuman in absentia, telah mengungkapkan bahwa Fatah memiliki rekening bank rahasia di Yordania dengan saldo sebesar 39 juta dolar.

Muhammad Rasyid, yang merupakan penasehat pemimpin Palestina, menyatakan dirinya memiliki semua dokumen yang diperlukan” untuk membuktikan keberadaan rekening tersebut, Jerusalem Post melaporkan pada hari Sabtu lalu.

Rekening bank rahasia, menurut Rasyid, hanya dioperasikan oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas dan dua rekannya yang telah disahkan oleh Fatah, faksi politik nasionalis Abbas.

Rasyid mengatakan bahwa Abbas sendiri telah lama membantah keberadaan rekening bank untuk Fatah.

“Menurut dokumen saya, 13 juta dolar berasal hanya dari bantuan AS, sementara jumlah sisanya berasal dari negara-negara Arab,” kata Rasyidkepada JPost.

Dia juga mengatakan bahwa jumlah asli dari rekening tersembunyi tersebut adalah 44 juta dolar, namun menurun setelah kepemimpinan Fatah menghabiskan 5 juta dolar untuk konferensi tahunan keenam partai pada tahun 2009 lalu.(fq/afp)