Sniper Israel Dilatih Menembak Pergelangan Kaki Orang Palestina, Apa Tujuannya?

Eramuslim – Lebih dari setahun setelah protes di perbatasan Gaza dimulai, militer Israel telah memutuskan untuk melatih penembak jitu untuk “menembak di pergelangan kaki” orang-orang Palestina. Laporan The Jerusalem Post, seorang pejabat Israel mengatakan, “Dipahami bahwa [menembaki bagian bawah tubuh di atas lutut] menyebabkan kematian banyak pengunjuk rasa.”

Israel telah menanggapi unjuk rasa baru-baru ini, yang diadakan setiap hari Jumat, dengan kekuatan mematikan. Lebih dari 235 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka. Israel dikecam oleh sebuah badan hak asasi manusia PBB karena membunuh demonstran di Gaza dan terhadap orang Palestina, dan menyatakan tindakan itu sebagai “kejahatan perang” di bawah Statuta Roma.

Korban jiwa yang tinggi memicu reaksi diplomatik terhadap Israel. Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah menyebut perintah tembakan terbuka sebagai tindakan melawan hukum, dengan mengatakan mereka secara efektif mengizinkan tentara menggunakan kekuatan yang mematikan terhadap pengunjuk rasa yang tidak bersenjata. Dalam menghadapi meningkatnya kritik terhadap kekerasan perbatasan Gaza, otoritas Israel sebelumnya mengatakan bahwa norma HAM tidak berlaku untuk protes Palestina yang sedang berlangsung di sepanjang Jalur Gaza.

“[Keputusan pasukan Israel] sama sekali tidak menunjukkan bahwa militer sangat menghargai kehidupan manusia,” kata kelompok HAM B’Tselem. “Sebaliknya, menunjukkan bahwa militer secara sadar memilih untuk tidak menganggap mereka yang berdiri di sisi lain pagar sebagai manusia. Naifnya, Pengadilan Tinggi menyetujui praktik ini. Baik militer maupun pengadilan memikul tanggung jawab untuk kebijakan kriminal ini.”