Dalam 100 Hari 65.000 Muslim Rohingya Mengungsi ke Bangladesh

Eramuslim – Sebanyak 65 ribu minoritas Muslim Rohingya dilaporkan telah tiba di Bangladesh sejak awal bulan Oktober 2016 kemarin, seperti dilansir dari data terbaru yang dirilis delegasi PBB pada hari Selasa (10/01) kemarin.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan menjelaskan bahwa kenaikan ini dipicu masuknya kelompok pengungsi Rohingya terakhir yang telah tiba di wilayah Bangladesh, sehingga menjadikan total pengungsi Muslim Rakhine menyentuh angka 65 ribu jiwa.

muslim rohingya

Dalam laporan pekanan tersebut, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengkritik lambannya proses administrasi pemerintahan Myanmar untuk memberikan izin masuk kepada delegasi PBB, yang membutuhkan waktu hingga 12 hari.

Sementara itu di sisi lain, seorang sumber HAM dan media lokal Rakhine mengatakan bahwa untuk hari ketiga secara berturut-turut tentara militer Myanmar dilaporkan kembali menyerbu sejumlah desa di provinsi Rakhine, yang menyebabkan ribuan Muslim Rohinya melarikan diri menuju negara tetangga, terutama Bangladeh.

Saksi mata yang minta dirahasiakan identitasnya mengatakan lebih dari dua puluh wanita telah diperkosa oleh tentara Myanmar dalam 3 hari terakhir, selain menyiksa puluhan pria Rohingya yang berhasil ditangkap. (Aljazeera/Ram)