free hit counters
 

Sudahkah Anda Rutin Tahajud? Ini 6 Keutamaannya!

Redaksi – Rabu, 7 Muharram 1439 H / 27 September 2017 13:15 WIB

Eramuslim.com – Keutamaan sholat tahajud banyak dijelaskan dalam Al Quran ataupun hadist-hadist dari Rasulullah SAW dan hukum sholat tahajud menurut kesepakatan para ulama yaitu sunnah mu’akkadah yakni sunnah yang amat dianjurkan, ini bersumber pada Al-Qur’an surat Al-Israa’ ayat 79 dan diperkuat beberapa hadis yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud.

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79).

Keutamaan Sholat Tahajjud

Sebagian besar orang amat berat untuk melakukan sholat tahajud, mungkin saja karna waktu pelaksanaan solat tahajud yang dilaksanakan pada saat tengah malam dimana itu adalah waktu untuk tidur. Walau sebenarnya keutamaan sholat tahajud sendiri amat sangat besar untuk yang ikhlas mengerjakannya, seperti yang ada dalam beberapa hadist-hadist Nabi SAW. Berikut adalah eutamaan-keutamaan sholat tahajud :

1. Sholat Tahajjud Membawa Kita dalam Golongan Orang Sholeh Serta Penyebab Masuk Surga

Keutamaan solat tahajud yang pertama yaitu membawa kita dalam Golongan orang-orang sholeh serta menjadi penyebab masuk surga. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Adz-Dzariat ayat 15-18 serta Hadist Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka saat sebelum itu (didunia) adalah orang-orang yang melakukan perbuatan kebaikan, (yaitu) mereka sedikit tidur di saat malam, serta di terakhir malam mereka memohon ampun (pada Allah). ” (Adz-Dzariyat : 15-18).

Rasulullah SAW bersabda : “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan serta sholatlah saat manusia terlelap tidur pada saat malam pasti engkau juga akan masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus