Ini Calhaj Tertua di Musim Haji 2018, Umurnya 120 Tahun

Eramuslim – Meski harus mendapatkan bantuan khusus, tidak menyurutkan langkah calon jamaah haji asal Lombok, Dirah bin Mustopa, yang mengklaim dirinya berusia 120 tahun untuk dapat menunaikan Rukun Islam kelima.

Tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, pada hari Selasa (31/7) dini hari. Terpancar wajah sumringah Mbah Dirah yang mengenakan kursi roda karena telah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

“Jamaah Kloter 09 Embarkasi Lombok, aslinya dia bilang sudah berusia 120 tahun,” ujar Pelaksana Seksi Perlindungan Jamaah Daker Bandara, Ubaidillah, di Jeddah, Selasa.

Petugas PPIH Arab Saudi memasangkan sandal untuk Dirah

Kendati demikian, Ubaidillah menjelaskan bahwa Mbah Dirah didaftarkan berangkat haji menggunakan paspor dengan tahun kelahiran 1932. Dengan dokumen resmi itu, Mbah Dirah sedianya berusia 86 tahun.

Mbah Dirah datang tanpa ditemani sanak keluarga ke Tanah Suci. Meski harus dinaikkan kursi roda, Mbah Dirah nampak senang tiba di Tanah Suci. “Alhamdulillah… alhamdulillah…,” katanya.

Ia kemudian menuturkan sebenarnya telah berusia 120 tahun. Kisah ini diiyakan sejumlah rekan-rekan satu rombongannya yang beberapa merupakan tetangga di kampung halaman. Ketika tiba, Dirah tak membawa air minum seperti jamaah kebanyakan. Ia juga tak bersandal meski hal itu disyariatkan bagi mereka yang berihram. “Dia senang sekali dan gembira kami belikan minum dan sandal,” kata Ubaidillah.