Turki Dan Uni Eropa Sepakat Memulai Kesepakatan Lanjutan Soal Pengungsi Suriah

pengungsi suriah di eropaEramuslim – Senin 4 Maret 2016, Uni Eropa dan Turki akan mulai memberlakukan kesepakatan tahap II pengungsi asal Timur Tengah ke negara-negara Eropa, setelah diberlakukannya kesepakatan kedua belah pihak pada tanggal 20 Maret kemarin.

Dalam keterangannya pada hari Minggu (03/04) kemarin, Badan Uni Eropa menjelaskan bahwa isi dari kesepatan tahap II adalah setiap penerimaan 1 kuota pengungsi di negara-negara Eropa maka akan ada pemulangan 1 orang pengungsi di Yunani ke Turki dengan biaya pemulangan ditanggung sepenuhnya oleh Uni Eropa.

Sebelumnya Turki dan Uni Eropa pada tanggal 20 Maret kemarin telah sepakat untuk berkerjasama mengatasi gelombang arus pengungsi asal Suriah dan negara Timur Tengah lainnya.

Tahap pertama kesepakatan pengungsi Uni Eropa-Turki berisi pemulangan kembali para pengungsi Suriah ke Turki jika nantinya aplikasi suaka yang diajukan ditolak pemerintahan setempat.

Data resmi pemerintah Ankara tahun 2016 menunjukan ada sekitar 2 juta 733 pengungsi Suriah di Turki, jumlah tersebut diperkirakan bertambah sekitar 700 ribu dikarenakan banyaknya pengungsi yang tidak terdaftar resmi oleh lembaga-lembaga pengungsian. (Rassd/Ram)