Uni Eropa Harus Tetapkan Islamophobia Sebagai Tindakan Kriminal Dan Kejahatan

SETA ForumEramuslim – Para ahli dan akademisi internasional menyerukan negara-negara Eropa untuk menetapkan serangan anti-Islam sebagai sebuah tindakan kriminal dan kejahatan, dalam acara seminar politik, ekonomi dan sosial (SETA) di ibukota Ankara, Turki, pada hari Senin (21/03) kemarin.

Dalam acara yang di ikuti oleh 37 peneliti dari 25 negara-negara Eropa, para ahli dan akademisi fokus mengkasi serangan anti-Islam yang terus meningkat pasca teror bom Paris pada pertengahan bulan November 2015 kemarin.

“Harus diakui Islamophobia sebagai kejahatan dan menambahkannya ke semua statistik nasional di negara-negara Eropa,” ujar Fred Hafez seorang peneliti dari Universitas Salzburg.

Fred Hafez melanjutkan, “Eropa harus bertindak tegas mengakui Islamophobia atau rasisme terhadap Muslim sebagai sebuah tindak kriminal dan kejahatan, meskipun sikap Eropa menjadi lebih agresif terhadap Muslim pasca serangan teror di Paris.”

Lain lagi dengan penelitian yang dilakukan Ana Esther Jones dari Universitas Humboldt di Berlin menyatakan bahwa gelombang arus pengungsi berdampak positif atas peningkatan Islamophobia di negara-negara Eropa akibat kekhawatiran serangan serupa yang terjadi di ibukota Paris. (Anatolia/Ram)