Wall Street Journal: Perang Melawan Mujahidin Suriah Dan Irak Imbalan Kesepakatan Nuklir Iran

khoemaini-obamaEramuslim – Surat kabar Wall Street Journal menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, telah menerima surat rahasia yang dikirimkan oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengenai kesepakatan kedua negara mengenaik program nuklir Iran.

Dalam pemberitaan surat kabar asal AS pada hari Jum’at (13/02) kemarin menyatakan bahwa surat tersebut adalah tanggapan atas pesan rahasia yang dikirim oleh Presiden Obama ke Teheran mengenai pembicaraan Nuklir Iran pada bulan Oktober tahun 2014 lalu, seperti dilansir pejabat diplomasi Iran dalam wawancaranya pada pekan kemarin.

Sumber tersebut menambahkan, “Ayatollah Ali Khamenei menerima kompromi dalam pembicaraan nuklir Iran, dan menyatakan akan mendukung keputusan Presiden Hassan Rohani untuk bernegosiasi dengan Barat,” sesuatu kebijakan yang sangat ditentang oleh kelompok garis keras yang berpengaruh di Iran.

Sebelumnya dalam surat yang dikirim oleh Obama menyatakan bahwa AS siap berkerjasama dengan Teheran dalam memerangi mujahidin Negara Islam sebagai imbalan dari kesepakatan nuklir Iran.

Tujuan pembicaraan nuklir antara Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris, Perancis dan Jerman dengan pemerintah Iran adalah untuk mencapai kesepakatan mengurangi ketakutan Barat terhadap program rahasia senjata nuklir Teheran, dengan imbalan pencabutan sanksi yang menghancurkan perekonomian mereka. (Alarabiya/Ram)

activate javascript

activate javascript