free hit counters
 

Keistimewaan Hari Jumat

Eramuslim – Hari Jumat merupakan hari istimewa umat Islam setiap pekannya. Dalam buku Super Berkah Shalat Jumat Menggali dan Meraih Keutamaan dan Keberkahan di Hari Paling Istimewa oleh Firdaus Wajdi dan Luthfi Arif disebutkan ada lima keistimewaan hari Jumat.

Pertama, hari terjadinya peristiwa-peristiwa besar. Banyak kejadian luar biasa yang sengaja dipilih Allah tepat di hari Jumat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Hadits tersebut menunjukkan beberapa peristiwa besar dimulai dari peradaban manusia hingga berakhirnya kehidupan terjadi pada hari Jumat.

Kedua, waktu mustajab dikabulkannya doa. Pada hari Jumat, terdapat waktu mustajab untuk berdoa. Artinya, jika seorang Muslim berdoa, dengan kehendak Allah akan dikabulkan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat,” (HR Muslim).

Hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan waktu mustajab tersebut. Dari Abu Burdah, Rasulullah SAW bersabda tentang waktu Jumat tersebut, “bahwasanya itu adalah waktu ketika imam duduk (di mimbar) sampai selesai sholat,” (HR Muslim).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru