free hit counters
 

Sains dalam Al-Qur’an: Belut Listrik dan Ikan Berlampu

Eramuslim – ALLAH Subhanahu wa Ta’ala sungguh maha kuasa, menciptakan bumi dan langit serta isi-isinya yang sangat menakjubkan. Beberapa contoh dari ciptaan menakjubkan itu adalah belut listrik dan ikan yang becahaya.

Di perairan tawar di Brazil dan Sungai Amazon, hidup suatu jenis hewan air liar yang unik. Hewan itu dinamakan belut listrik karena memang dibekali dengan energi listrik yang sangat kuat.

Jika seseorang menyentuhnya sekali saja, ia akan disengat aliran listrik yang tak akan pernah terlupakan sepanjang hidup. Belut itu memiliki panjang lebih dari dua meter, dan empat pe rlima dari tubuhnya dipenuhi dengan perangkat yang bisa menghasilkan dan menyimpan energi listrik.

Energi itu sendiri letaknya terkonsentrasi di bagian perut dan organ–organ di bagian depan tubuhnya. Listrik yang dihasilkannya mencapai ratusan voltage.



Kemudian yang menakjubkan, meskipun hewan ini memiliki kekuatan listrik yang sangat kuat, jika hendak menghardik lawan atau menginginkan hewan itu menyingkir darinya, belut listrik hanya akan mengirimkan tegangan rendah.

Jika ingin mengetahui posisi musuhnya, ia pun hanya mengirim aliran listrik tegangan rendah, lalu kembali lagi kepada belut listrik persis seperti sistem kerja radar.

Dengan demikian ia bisa memantau posisi musuh atau menebarkan ancaman. Dan jika bermaksud membunuh musuh, belut ini akan mengeluarkan aliran listrik tregangan tinggi. Jadi, belut listrik tersebut bisa mengontrol energi yang dihasilkannya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru