10 Kekuatan Militer Terbaik di Dunia (Bag.II)

Eramuslim – Setelah membahas 3 peringkat pertama militer terkuat di dunia yang di dominasi oleh negara-negara penjual senjata, seperti AS, Rusia dan Cina. Di terbitan kali ini Eramuslim akan membahas penghuni peringkat ke 3 hingga ke 5 yang di tempati oleh negara asal Benua Asia.

DELHI, INDIA - JANUARY 26: Indian army soldiers march during the Republic Day Parade on January 26, 2009 in New Delhi, India. India today celebrates its 60th Republic Day with its annual parade. The parade is an opportunity for India to display its military might, progress and cultural diversity. (Photo by Daniel Berehulak/Getty Images)

Negara Asia mana yang dimaksud? Berikut ulasannya:

India

Selain memiliki 1,3 juta tentara aktif dan 2,1 juta tentara cadangan, India juga menjadi salah satu negara yang diperhitungkan negara-negara besar seperti AS dan Rusia karena memiliki 80 sampai 100 hulu ledak nuklir.

Kekuatan ini di dukung dengan teknologi rudal balistik jarak jauh yang dimiliki India, serta kepemilikan 679 pesawat, 649 helikopter tempur di bagian udara, dan puluhan kapal perang di laut.

Pakistan

Wilayah Muslim yang memisahkan diri dari Britania Raya pada tahun 1933 menduduki peringkat ke 5 militer terkuat di dunia versi Credit Suisse Research Institute, dengan 620 ribu pasukan militer aktif di berbagai kesatuan dan 515 ribu pasukan cadangan.

Dalam laporan yang dirilis dua lembaga asal Amerika Serikat “Carnegie Endowment for International Peace dan Stimson Center” memperkirakan Pakistan memilliki sekitar 120 hulu ledak nuklir, jauh lebih banyak dari saingan terberatnya India dengan 100 hulu ledak nuklir.

Tidak sampai disana, Pakistan diperkirakan dapat membuat 20 hulu ledak nuklir per tahun dan bisa memiliki persediaan nuklir terbesar ketiga di dunia dalam satu decade kedepan. (Skynewsarabia/Ram)