Akhiri Perang Marawi, Duterte Berikan Izin Militer Filipina Bombardir Masjid

Eramuslim – Presiden Rodrigo Duterte telah memberikan wewenang penuh kepada militernya untuk mengakhiri pertempuran di Marawi, termasuk membom masjid.

Kebijakan ini diambil Duterte setelah pasukan Filipina belum dapat mengalahkan Maute dan Abu Sayyaf sejak konflik bersenjata meletus pada 23 Mei lalu, yang telah memasuki hari ke-100 pada Rabu (27/08).

“Terakhir kali saya berada di sana, saya akhirnya mengatakan bahwa pilihannya sudah menjadi milik Anda. Karena kita tidak ingin menemui jalan buntu selama lebih dari satu tahun,” kata Duterte dalam sebuah pidato di ulang tahun ke-23 Otoritas Pengembangan Pendidikan dan Keterampilan Teknis seperti dikutip ABS-CBN News.

Pasukan pemerintah menyelidiki kemungkinan menyerang masjid yang diubah menjadi benteng musuh oleh kelompok Maute pada masa-masa awal pertempuran. Opsi itu dihentikan oleh pejabat tinggi, termasuk Duterte mengingat undang-undang internasional yang melarang serangan terhadap tempat-tempat keagamaan.

Philippines Duterte

Duterte sebelumnya juga telah meminta militer untuk menunggu keputusan ini untuk menjaga keamanan para tawanan yang diperkirakan berjumlah 30.

Saat itu Duterte mengaku sulit untuk mengambil keputusan tersebut. “Ini akan menghasilkan lebih banyak kebencian, bukan penyembuhan. Dan butuh waktu lama,” katanya.

“Saya mengangkat tangan karena orang-orang di pemerintahan -polisi, militer, unit pemerintah daerah dan warga sipil sudah mengeluh,” ujarnya.

Duterte sudah tidak sabar sejak melakukan negosiasi dengan teroris untuk menyerah dan membebaskan para sandera dengan hasil nihil. Ia juga mengungkapkan bahwa dia mengirim seorang utusan untuk berbicara dengan militan.

“Saya sudah mengirim seseorang, jika kita bisa menyelamatkan hari itu untuk kita semua,” katanya. (WB/KI/Ram)