free hit counters
 

Amal Yang Membuat Rezeki Mengalir

Redaksi – Sabtu, 22 Safar 1439 H / 11 November 2017 08:00 WIB

Eramuslim.com – Ketahuilah keutamaan suatu amal, agar kita semakin bersemangat dalam mengupayakannya. Di antara amalan itu, ada yang ringan dikerjakan dengan pahala yang menjanjikan; ada pula yang berat dalam menjalani, namun pahalanya amat agung.

Satu contohnya, amalan ini. Disebutkan dalam banyak hadits; pahalanya lebih baik dari dunia seisinya, ganjarannya berkembang hingga hari kiamat, membuat rezeki senantiasa mengalir, dan lain sebagainya. Apakah amalan itu?

Dikutip dari Tafsir gubahan Imam Ibnu Katsir, amalan ini didefinisikan sebagai, “Keteguhan berperang melawan musuh, mempertahankan kemuliaan Islam, serta menjaganya agar musuh tidak masuk ke wilayah kaum muslimin.”

Ialah Ribath, yang disebutkan dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari, “Ribath selama satu hari di jalan Allah Ta’ala lebih baik dari dunia seisinya.”

Sehari saja, dengan niat tulus untuk mempertahankan agama Allah Ta’ala dari kejahilan musuh-musuh-Nya, diganjari lebih baik dari dunia dan seisinya. Allahu akbar walillahil hamd. Dalam hadits yang lain disebutkan, “Ribath semalam di jalan Allah Ta’ala lebih baik dari puasa satu bulan penuh dan Shalat Malam di bulan itu.”

Kemudian, ketika mujahid yang melakukan murabathah itu wafat sebagai syuhada’ atau mati sebab bertemu dengan ajal sebelum berperang/dibunuh musuh, Allah Ta’ala akan berikan kepadanya, “Amal yang dilakukan masih berlaku, rezekinya mengalir tanpa terputus, dan aman dari berbagai fitnah.” (Hr. Imam Muslim dari Salman al-Farisi)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus