Benci Hingga Buat Film Menghina Islam, Pria Ini Akhirnya Mualaf

Arnoud Van Doom.

eramuslim.com – Arnoud Van Doom menjadi mualaf dan memeluk Islam pada 2013. Dia adalah seorang anggota dewan di Kota Hague, Belanda, yang kini aktif menjadi ketua organisasi sebuah partai persatuan yang berasaskan Islam.

Arnoud berasal dari keluarga Nasrani. Mulanya, pria itu adalah anggota partai kebebasan yang melawan dan menentang Islam.

Bahkan dia terlibat dalam pembuatan film pendek berjudul Fitna 2008, yang menampilkan penghinaan terhadap Islam dan Nabi Muhammad SAW.

“Kami ingin memberi peringatan manusia akan Islam dan inilah faktor yang mendorong kami memproduksi film Fitna. Film itu bukan film sebagaimana mestinya. Film itu cuma klip berdurasi 10-15 menit tidak lebih dari itu. Dan tentu saja ada tujuan politik di balik itu semua,” ujarnya di Youtube Osmanli Media, dikutip VIVA, Senin 31 Januari 2022.

Arnoud mengaku, salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan suara terbanyak saat pemilu dari orang-orang yang memandangnya sebagai pelindung kebebasan dan hukum kenegaraannya.

Namun, Arnoud tidak mengira akan ada penolakan besar-besaran atas film yang dia buat. Terlebih film itu tidak diproduksi secara profesional.

“Kami terpukau atas respons yang kami terima dan itu merupakan faktor-faktor yang membuat saya berpikir kemudian, ketika saya melihat begitu banyak protes dan orang yang marah tersakiti hatinya atau bersedih. Dan hal ini justru membuat saya merasa ada hal yang tidak beres di sini,” kata dia.

“Kami telah menyakiti banyak orang dan tidak mungkin juga pendapat 1,2 miliar Muslim itu salah. Mungkin kami telah melakukan hal yang tidak baik dan saya mulai merasa ragu karena begitu banyak protes dari kaum Muslimin terkait film Fitna. Itulah awal dari permulaan saya berpikir untuk memeluk Islam,” tambah dia.