Calon Direktur CIA Anggap China Musuh Dunia Nomor Wahid

Eramuslim.com – Tidak bisa dipungkiri jika dewasa ini RRC telah menjadi salah satu kekuatan dunia yang tidak bisa disepelekan. Amerika Serikat pun telah mengakui hal ini dan merasakanya sebagai ancaman bagi eksistensinya sebagai polisi dunia.

Hal itu ditegaskan calon Direktur CIA, William Burns, yang mengatakan kepada Komite Intelijen Senat bahwa dia memiliki empat prioritas utama yaitu kemitraan, China, manusia, dan teknologi. Dia menyebut China sebagai “musuh yang tangguh dan otoriter”.

Ketika wawancara dengan Komite Intelijen Senat, Burns memaparkan jika China telah memperkuat kemampuannya untuk mencuri kekayaan intelektual, menekan rakyat, memperluas jangkauannya, dan membangun pengaruh di AS.

Burns juga mengutarakan niatnya jika dia memiliki kemampuan dan wewenang maka dia ingin menutup Institut Konfusius, sebuah pusat budaya yang didanai Beijing yang diyakini Burns sebagai sebagai alat propaganda RRC.

Pernyataan Burns tersebut dikemukakan saat diwawancarai mantan Menteri Luar Negeri James Baker, mantan Direktur CIA, dan juga Menteri Pertahanan Leon Panetta. Seperti diketahui, Burns didapuk akan menjadi diplomat karir pertama yang memimpin CIA. Sebelumnya Burns pernah menjabat sebagai Dubes AS untuk Yordania dan Rusia. Burns juga pernah menempati tiga posisi senior di Departemen Luar Negeri.

Menurut Burns, selain Cina, AS juga masih harus menghadapi ancaman dari Rusia, Korea Utara, dan Iran, walau yang belakangan relatif kecil.

“Kepemimpinan Cina yang predator merupakan ujian geopolitik terbesar kami,” kata Burns.[em]