Cara Mengetahui Kualitas Iman

Tangan

Yadun syahiyun. Ialah tangan yang murah hati, berbelas kasih, amat dermawan, dan tidak pernah membuat rumit urusan orang lain. Suka menolong, senantiasa memberi, ringan saat menyampaikan bantuan, dan tidak pernah berhenti dari berbuat baik kepada siapa pun, bukan hanya kepada orang-orang yang beriman.

Mereka juga tidak pandang bulu. Membantu siapa saja selama bernama makhluk. Bahkan, tangan mereka senantiasa terulur untuk hewan-hewan peliharaan atau yang dijumpai di jalanan.

Hati

Ialah qalbun wasi’un, hati yang amat lapang. Kesibukannya berbaik sangka kepada orang lain, sangat jauh dan tidak tertarik untuk berlaku sombong, dengki, atau berbangga diri. Ia lebih memilih memuji-muji nama Allah Ta’ala untuk menghilangkan seluruh penyakit hati yang amat mungkin bersarang dan berkembang di dalam dirinya.

Kejernihan dan beningnya hati inilah yang menjadi sumber atas segala kebaikan yang terpancar melalui wajah bersih dan senyum menyemangati, lisan yang tak pernah menyakiti orang lain, dan tangan yang senantiasa ringan dalam memberikan bantuan kepada sesama makhluk Allah Ta’ala.

Semoga kita termasuk bagian dari mereka. Aamiin.

Wallahu a’lam. [jk/Kisahikmah]

Source Link

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm