Diam-Diam Bin Salman Dilaporkan Bertemu Netanyahu di Yordania

Eramuslim – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman dilaporkan bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara rahasia di Amman, Yordania, seperti dilansir koran Israel, Maariv, Jumat (22/06) lalu.

Kedua tokoh itu bertemu di Istana Kerajaan Yordania seiring kunjungan penasihat Gedung Putih yang juga menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jared Kushner dan Perwakilan AS untuk Timur Tengah jason Greenblatt.

Mengutip sumber, laporan Maariv mengatakan pertemuan Salman dan Netanyahu terjadi dua kali dan salah satunya dihadiri Raja Yordania Abdullah, seperti dilansir laman Press TV, Sabtu (24/6).

Seorang pengamat politik yang menulis di koran Israel itu, Jacky Hugi, mengatakan “Seorang teman dekat mengatakan kepada saya soal pertemuan itu. Kedua pihak bertemu langsung, baik Saudi dan Israel, dengan bantuan Raja Abdullah.”

Israel dan Saudi tidak punya hubungan diplomatik namun sudah menjadi rahasia umum keduanya kerap menjalin hubungan dan kerja sama. Laporan teranyar menyebut kedua pemimpin sedang bekerja sama membangun hubungan resmi.

Kushner dan Greenblaat menjadi utusan Presiden Trump buat membahas rencana perdamaian versi Washington di wilayah Palestina yang diduduki Israel. Keduanya bertemu para pejabat Saudi, Mesir, Yordania, dan Qatar.