Dr. Fuad Bawazier: Serangan Balik Mafia Bank Century dan Mafia BLBI?

Dalam penafsiran kami putusan ini jelas untuk menghentikan alasan yang dinilai hanya akal akalan KPK. Apalagi ada bocoran informasi dari dalam KPK sendiri bahwa perkara BC sebenarnya sudah lama selesai tinggal keputusan pimpinan KPK sendiri maunya bagaimana?

Bagi saya yang tahu dan mengikuti langsung skandal atau perkara pembobolan perbankan sejak era BLBI (1997/1998), yakin betapa kuatnya Mafia Perbankan ini baik secara finansil (dari Dana perampokannya itu) maupun jaringan politiknya di banyak jajaran penguasa. Karena itu saya menduga kuat (dalam hati sebenarnya sudah amat yakin) bahwa Mafia Perbankan ini (BLBI dan Bank Century) marah besar dengan putusan hakim Effendi Mukhtar yang bukan saja mengusik kenyamanan atau strategi mereka tapi takut merembet ke BLBI.

Sekali lagi saya tidak menuduh karena saya bukan aparat hukum yang mampu mengumpulkan bukti bukti, cuma haqqul yakin bahwa Mafia Perbankan ini marah dan hakim Effendi Mukhtar terkena imbas kemarahan Mafia sekaligus sebagai peringatan bagi yang lain yang coba coba mengusik BLBI dan Bank Century. Indikasi lain, mereka yang buron juga sulit tertangkap atau dibawa pulang ke Indonesia; dan harta mereka yang sebenarnya kita semua tahu dan ada di depan mata, tidak di sita (utk menutup kerugian negara) karena sekali lagi saya yakin ada kekuatan besar yang melindunginya. Tapi kami yakin Allah Yang Maha Kuasa tidak tidur, dan karena itu cepat atau lambat kebusukan itu akan terungkap. Kini semua terpulang kpd independensi dan nyali KPK, monggo melangkah maju dengan atau tanpa putusan hakim praperadilan. We love you KPK.

Jakarta, 26 April 2018.
Dr. Fuad Bawazier, pengamat ekonomi.