Jurnalis Italia Ungkap Skandal Pelecehan Seksual Terbesar Gereja Katolik AS

Eramuslim – Gereja Katolik Roma kini tengah diguncang skandal pelecehan seksual terbesar yang telah ditutup-tutupi selama puluhan tahun.

Seorang jurnalis kenamaan asal Italia mengaku membantu mantan duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat Carlo Maria Vigano dalam mengungkap kasus pelecehan seksual di gereja Katolik AS yang diduga ditutupi oleh Paus Fransiskus.

Marco Tosatti mengatakan dia membantu Uskup Agung Carlo Maria Vigano menulis dan menyunting surat pengakuan sepanjang sebelas halaman tentang skandal itu. Mereka berdua, kata Tosatti, duduk di meja kayu di ruang tengah rumahnya selama tiga jam pada 22 Agustus lalu untuk menulis surat panjang itu.

Marco Tosatti

Tosatti, sosok pengkritik Paus Fransiskus yang cukup terkenal, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press, Vigano menelepon dirinya beberapa pekan sebelumnya meminta untuk bertemu. Dia kemudian mengatakan soal informasi yang dia ketahui untuk jadi latar belakang pengakuannya.

Dilansir dari laman the Associated Press, Selasa (28/8), dalam surat pengakuan itu Vigano menuding Paus Fransiskus mengetahui perbuatan pelecehan seksual mantan kardinal Theodore McCarrick sejak 2013. Namun dia memulihkan nama McCarrick dari sanksi yang sudah diberlakukan Paus Benediktus XVI, pemimpin Gereja Katolik Roma sebelum Paus Fransiskus. Pengakuan Vigano ini mengguncang kepemimpinan Paus yang sudah berlangsung selama lima tahun.