Kerusuhan Meluas di AS, Ini Respon RRC

Eramuslim.com – Media milik Pemerintah China pada akhir pekan ini membidik Pemerintah AS karena banyaknya kota di negeri Paman Sam dicekam aksi protes dan kerusuhan yang dipicu oleh kematian pria berkulit hitam, George Floyd. Media itu lantas membandingkan kerusuhan di AS tersebut dengan gerakan prodemokrasi di Hong Kong.

Beijing memang telah lama dibuat geram oleh kritik yang datang bertubi-tubi dari Barat, terutama Washington DC, atas penanganan protes prodemokrasi yang mengguncang Hong Kong tahun lalu.

Kini, ketika kerusuhan meletus di seluruh Amerika Serikat yang dipicu oleh masalah ketidaksetaraan rasial dan kebrutalan polisi terhadap Floyd, juru bicara Pemerintah Cina dan media resmi setempat melancarkan “serangan balik” terhadap pihak berwenang AS.

“Ketua DPR AS Nancy Pelosi pernah menyebut protes kekerasan di Hong Kong sebagai ‘pemandangan yang indah untuk dilihat’. Nah, politisi di AS sekarang dapat menikmati pemandangan ini dari jendela mereka sendiri,” ungkap Pemimpin Redaksi Global Times, Hu Xijin, Sabtu (30/5/2020). Global Times adalah tabloid nasionalis milik Partai Komunis China.

“Seolah-olah para perusuh radikal di Hong Kong entah bagaimana menyelinap ke AS dan menciptakan kekacauan seperti yang mereka lakukan tahun lalu,” kata Xijin sambil menyindir AS.

China meyakini bahwa ada “pasukan asing” yang terlibat dalam kekacauan di Hong Kong, tempat para demonstran prodemokrasi—yang digambarkan Beijing sebagai perusuh—telah turun ke jalan dalam jumlah jutaan orang sejak Juni tahun lalu. Para pengunjuk rasa di Hong Kong itu sering bentrok dengan polisi.