Konflik Irak, Pasukan Militer Kurdistan Bantu Pemerintah Usir Milisi Negara Islam Irak Dan Syam

milisi negara islam irak dan syamPresiden Regional Kurdistan Irak, Massoud Barzani, memberikan lampu hijau bagi pasukan Kurdistan Irak untuk membantu pasukan pemerintah merebut sejumlah kota dan provinsi yang jatuh di tangan milisi bersenjata Negara Islam Irak dan Syam hari Selasa (10/06) kemarin.

Lampu hijau ini diberikan Massoud Barzani dalam pengumumannya hari Rabu (11/06) kemarin, sebagai dukungan terhadap pasukan pemerintah yang memulai operasi merebut provinsi Ninawa.

Hingga kini pasukan Kurdistan Irak dilaporkan telah menyebar di beberapa wilayah di provinsi Salahuddin, Kirkuk dan Ninawa, Irak.

Dalam keterangannya, seorang perwira di angkatan bersenjata Kurdi Abdurrahman Kiourini mengatakan “pertempuran sengit antara pasukan Kurdi dan milisi bersenjata berlangsung di sebelah Barat provinsi Ninawa.”

“7 orang milisi bersenjata tewas dan puluhan lainnya terluka dalam pertempuran sepanjang hari Rabu kemarin,” tamabh Abdurrahman.

Sementara itu seorang sumber keamanan Irak mengatakan kepada Reuters, ”hingga hari Rabu kemarin milisi bersenjata dilaporkan telah memasuki kota kilang minyak terbesar di Irak, Baiiji. Mereka kemudian membakar kantor pengadilan dan kepolisian.” (Rassd/Ram)