Laporan HAM PBB: Genosida Muslim Rohingya telah Direncanakan

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendefinisikan genosida sebagai tindakan yang dimaksudkan menghancurkan kelompok nasional, etnis, ras atau agama secara keseluruhan atau sebagian. Penunjukan seperti itu jarang ditemukan di bawah hukum internasional, namun telah digunakan dalam konteks termasuk Bosnia, Sudan dan sebuah kampanye ISIS melawan komunitas Yazidi di Irak dan Suriah.

Hampir 870 ribu orang Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh, termasuk sekitar 660 ribu orang yang tiba setelah 25 Agustus ketika gerilyawan Rohingya menyerang pos keamanan dan tentara Myanmar melancarkan serangan balasan.

Penyelidik PBB telah mendengar kesaksian Rohingya tentang pola pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan dan pembakaran yang konsisten dan metodis.

Suu Kyi telah menghadapi kritik internasional yang besar atas tanggapannya terhadap krisis tersebut, meski tidak memiliki kendali atas para jenderal, namun ia harus berbagi kekuasaan dengan transisi Myanmar setelah berpuluh-puluh tahun menjalankan pemerintahan militer. (Rol/Ram)