Larangan Dicabut, Arab Saudi Mulai Putar Film Bioskop

Eramuslim – Setelah menghapus larangan menyetir bagi kaum perempuan, Arab Saudi kini mencabut larangan menonton bioskop dan mulai menayangkan film konvensional di pusat kota Jeddah pada akhir pecan kemarin.

Dan film The Emoji Movie menjadi film pertama yang diputar di Arab Saudi setelah 35 tahun melarang pemutaran film, seperti dilansir Reuters hari Senin 15 Januari 2018.

Penayangan film tidak dilakukan di bioskop, tapi mengambil tempat yang diubah sementara menjadi semacam bioskop. Lokasinya berada di aula milik pemerintah yang tak jauh dari Laut Merah. Di aula tersebut ditempatkan proyektor, karpet merah, dan mesin penjual popcorn.

Bioskop dilarang beroperasi di Arab Saudi di era 1980-an karena desakan kelompok Muslim yang melarang adanya hiburan publik. Selain itu, hiburan untuk umum seperti bioskop akan membuat laki-laki dan perempuan bercampur sehingga dipandang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama.

Rencananya pemerintah baru akan membangun bioskop permanen pada Maret mendatang. “Sampai sekarang kami belum punya infrastruktur untuk menonton film. Jadi kami mencoba mencari tempat alternatif yang bisa disulap menjadi seperti bioskop,” kata Mamdouh Salim yang mengorganisir pemutaran film di bawah bendera Cinema 70.