Menlu Inggris Tegaskan Tidak Akan Mengirim Militer Ke Irak Seperti Sekutunya AS

William HagueMenteri Luar Negeri Inggris, William Hague, menyatakan bahwa negaranya tidak akan ikut berpartisipasi dalam setiap aksi militer menghadapi krisis yang kini terjadi di Irak.

Dalam pernyataan sikap resmi pemerintah Inggris kepada BBC hari Senin (06/06) kemarin, Hague mengatakan dengan jelas bahwa “negara ini tidak akan terlibat dalam intervensi militer.”

Selain itu Menlu Inggris menyatakan keprihatinan atas krisis yang kini melanda Irak, dan menekankan bahwa negaranya akan memberikan kontribusi non militer ke Irak seperti bantuan kemanusiaan, serta pelatihan menghadapi terorisme.

William Hague juga menyebut bahwa krisis yang kini sedang melanda Irak tidak terlepas dari kesalahan invasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Inggris di tahun 2003 lalu, akan tetapi pada saat yang bersamaan Hague kontradiktif ketika ia menyebutkan  bahwa partisipasi negaranya dalam invasi ke Irak yang lalu bukanlah suatu kesalahan.

Pemerintah Inggris berencana akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Irak senilai 3 juta Poundsterling Inggris, dalam bentuk air minum, obat-obatan, produk pembersih, dan pemberian bantuan kepada anak dan perempuan Irak yang tertindas melalui Komisaris Tinggi PBB untuk urusan Pengungsi (UNHCR). (Rassd/Ram)