Anies: Kemenangan DKI Terhadap Pandemi Sudah di Depan Mata!

Eramuslim.com – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kasus COVID-19 khususnya di Ibu Kota memang sempat melandai. Kemenangan di depan mata, tapi kata dia, tapi belum menang saat ini.

Untuk itu, mantan Mendikbud itu mengimbau kepada warga agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan selama bulan Ramadhan.

“Kemenangan melawan pandemi ini sudah di depan mata. Namun, saya ingatkan, kita belum menang sekarang. Jadi mari ambil tanggung jawab untuk bersama mewujudkan kemenangan tersebut dengan disiplin 3M,” ujar Anies di Jakarta, Selasa, 20 April 2021.

Pada Ramadhan kali ini, Pemprov DKI Jakarta telah memperbolehkan kegiatan peribadatan di rumah ibadah dengan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah kapasitas tak lebih dari 50 persen.

“Sehingga, jika melihat rumah ibadah tersebut sudah terisi 50 persen, maka sebaiknya beribadah di rumah untuk mencegah risiko keterpaparan,” tambahnya.

Pemrov DKI Jakarta memperpanjang kembali masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 3 Mei 2021. Hal ini bertujuan guna mengendalikan kasus aktif COVID-19 di Ibu Kota khususnya selama Ramadhan.

Keputusan perpanjangan PPKM Mikro ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 478 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur Nomor 22 Tahun 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dalam dua minggu terakhir terdapat peningkatan kasus aktif yang fluktuatif, di mana pada tanggal 5 April terdapat 6.075 kasus aktif dan meningkat menjadi 6.924 kasus aktif.[viva]