Awas Skimming! Hindari Gesek Kartu Debit dan Kredit di 6 Lokasi Ini

Hal inilah yang memudahkan pelaku memasang alat skimming pada EDC. Karena lokasinya yang terpencil juga akan menyulitkan korban melapor kasus ke kepolisian.

5. Tempat Wisata

Tempat wisata juga menjadi sasaran empuk tindak kejahatan duplikasi kartu lantaran arus perputaran uang begitu cepat dan banyak. Tempat wisata bisa membuat pelaku mendapat ‘untung’ yang banyak.

Agar terhindar dari skimming saat mengunjungi tempat wisata. Jadi kalau mau ambil uang di ATM di tempat lokasi, pilih lokasi yang dekat dengan jangkauan petugas keamanan. Kalau ada apa-apa kan bisa segera melaporkannya ke petugas.

6. Internet atau Belanja Online

Saat kartu debit atau kartu kredit Anda terhubung pada gawai, risiko terkena skimming menjadi lebih tinggi. Ponsel atau laptop terkoneksi dengan internet sehingga memudahkan pelaku meretas atau mengambil data kartu kredit atau kartu debit Anda.

Menggunakan wifi public, VPN gratis juga akan membuat gawai Anda sangat rentan dibobol orang tak dikenal. Apalagi kalau Anda juga memakai internet banking atau mobile banking. Harus makin waspada, termasuk yang suka belanja online. Pastikan saat akan bertransaksi secara daring, situs yang Anda kunjungi aman dan menggunakan jaringan internet pribadi.

Waspada Kejahatan Perbankan Mengintai

Seiring perkembangan teknologi perbankan, modus dan teknologi kejahatan pun semakin canggih. Agar tidak menjadi korban skimming, hacking, atau praktik kejahatan lain untuk membobol rekening, Anda harus waspada saat bertransaksi di manapun dan kapanpun.

Jangan pernah memberikan PIN, username, password ataupun token internet banking Anda, dan informasi nama ibu kandung Anda. Selain itu, ganti password atau PIN secara berkala, hindari penggunaan wifi public saat bertransaksi, dan jangan tergiur dengan iming-iming hadiah dengan memberikan informasi kartu kredit atau debit Anda.(kl/rol)